Jawaban SoalMu

Mengerjakan soal dengan mudah, dari sumber yang akurat dan terpercaya
Tidak Perlu Ribet-Ribet Baca atau Browsing sana-sini by Mr-ARU

Kamis, 21 Desember 2017

Sebutkan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi

Sebutkan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi !

Pembahasan :
Dalam teks laporan hasil observasi  terdapat ciri-ciri kebahasaan seperti berikut ini :

1. Teks laporan hasil observasi menggunakan verba relasional (penghubung) merupakan, ialah, adalah, digolongkan, termasuk, terdiri atas, meliputi, atau disebut yang digunakan untuk menyatakan definisi pada istilah teknis, yaitu istilah yang hanya digunakn secara khusus pada bidang tertentu.

2. Teks laporan hasil observasi menggunakan verba aktif alam menjelaskan perilaku misalnya hidup, berenang, bertelur, membuat, menyusui, makan, dan sebagainya.

3. Teks laporan hasil observasi menggunakan kata atau frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.

4. Teks laporan hasil observasi menggunakan nomina atau frasa nomina yang bersifat umum. misal : Kambing adalah binatang (kata umum). 

5. Teks laporan hasil observasi menggunakan kata penghubung yang menyatakan 'tambahan' (dan, serta) ;menyatakan 'perbedaan' (berbeda dengan); atau menyatakan 'persamaan' (seperti, sebagaimana, hal yang sama, sebagai). Juga menggunakan kata kerja penghubung yang berfungsi membatasi pengertian atau istilah (yang). misalnya pada teknik komputer jaringan yang sering disebut PC adalah komputer. Kata penghubung yang menyataka 'pertentangan' (sedabgkan, tetapi, melainkan, sementara iti, padahal). Untuk menggantikan kata istilah yang satu dengan kata istilah lain yang sama sering digunakan kata penghubung yang menyatkan 'pilihan' (atau). Kambing atau sapi adalah hewan pemakan tumbuhan atau rumput. 

6. Teks laporan hasil observasi menggunakan kata-kata kajian (istilah keilmuan atau teknis), misalnya degeneretif, hewan karnivora, osteoporosis, pembunuh erteri, simbiose mutualisme, dan lain-lain.

7. Teks laporan hasil observasi menggunakan paragraf dengan topic sentences (kalimat utama) untuk menyusun informasi utama, diikuti rincian aspek-aspek yang dilaporkan dalam beberapa paragraf. Sumber Pembahasan Buku LKS Bahasa Indonesia.

Mapel Bahasa Indonesia

Semoga membantu dalam mengerjakan soal. By Mr. Aru - Jawaban Soalmu menjawab soal dengan mudah, jawaban soal dari sumber yang akurat, terpercaya dan 100 % benar.

Untuk soal dan pembahasan yang kurang jelas atau terdapat jawaban pembahasan yang lebih tepat, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT !!!

 
Back To Top