Jawaban SoalMu

Mengerjakan soal dengan mudah, dari sumber yang akurat dan terpercaya
Tidak Perlu Ribet-Ribet Baca atau Browsing sana-sini by Mr-ARU

Minggu, 24 Desember 2017

Jelaskan arti dari Dasa Dharma Pramuka

Jelaskan arti dari Dasa Dharma Pramuka !

Pembahasan :
1. Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Tujuan gerakan pramuka ini untuk menjadikan manusia mempunyai kepribadian yang berdasarkan nilai luhur dan juga falsafah hidup dan kepercayaan pada Tuhan. Sehingga kita harus menjalankan kehidupan sesuai dengan gamanya masing-masing dengan Tuhan Yang Esa.

2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia
Di dalam dunia ini kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri, kita juga bergantung kepada alam untuk hidup. Sehingga kita harus dapat merasakan suka duka alam sekitar dan manusia seperti saling membantu agar terciptanya suatu keadaan yang damai, dan bersahabat.

3. Patriot Yang Sopan dan Ksatria
Maksud dari Dharma ini adalah sebagai seorang pemuda bangsa Indonesia yang akan setia dan siap menjaga tanah air dengan tingkah laku yang halus dan tidak menimbulkan kebencian terhadap orang lain. Seorang pemuda bangsa harus mempunyai sifat yang cukup gagah, berani dan jujur dalam membela bangsanya.

4. Patuh dan Suka Bermusyawarah
Arti Dasa Dharma ke empat ini merupakan suatu hal yang sudah seharusnya dilakukan oleh seorang anggota pramuka dan pemuda Indonesia. Dimana ketika dalam melakukan segala kegiatan diharuskan patuh dan taat pada setiap aturan dan juga dapat bermusyawarah dengan baik dengan mendengarkan pendapat orang lain.

5. Rela Menolong dan Tabah
Dharma ini mengartikan bahwa setiap manusia itu tidak hidup sendirian sehingga harus saling membantu dan menolong tanpa membeda-bedakan orang baik agama, suku, ras, dan budayanya. Kemudian dalam setiap menghadapi suatu perjuangan diharuskan selalu tabah dalam menghadapi tantangannya, hambatannya, gangguannya, bahkan halangannya.

6. Rajin, terampil, dan Gembira
Seorang anggota pramuka harus mempunyai kegiatan yang positif dan cukup bermanfaat. Dalam latihan pramuka pastinya akan diberikan beberapa pelatihan yang sangat bermanfaat, bisa saja pelatihan tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. kemudian setiap melaksanakan kegiatan lebih baik dilakukan dengan senang hati dan gembira karena hal tersebut dapat berdampak pada hasilnya.

7. Hemat, Cermat, dan Bersahaja
Seorang pramuka tidak boleh boros atau berfoya-foya terhadap uang yang dimilikinya. Lebih baik cermat dalam setiap pengeluaran dan dapat memprioritaskan sesuatu. Kemudian meskipun mampu dalam materi seorang pramuka diharapkan tetap sopan atau bersahaja.

8. Disiplin, berani, dan Setia
Seperti yang sudah disebutkan tadi dalam dharma ke empa, arti dasa dharma ini tidak jauh berbeda, yaitu harus disiplin atau patuh terhadap setiap peraturan, berani, dan juga setia kepada segala janji yang telah diucapkannya.

9. Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya
Setiap orang tentu saja harus bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya, begitupun dengan anggota pramuka. Tidak boleh lari dalam masalah, malah seharusnya memberanikan diri untuk menghadapinya. 

10. Suci dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan
Selalu melihat sesuatu dari sisi baiknya, mempunyai pikiran dan hati yang bersih tanpa menyimpan dendam, atau berniat jahat.

Pramuka

Semoga membantu dalam mengerjakan soal. By Mr. Aru - Jawaban Soalmu menjawab soal dengan mudah, jawaban soal dari sumber yang akurat, terpercaya dan 100 % benar.

Untuk soal dan pembahasan yang kurang jelas atau terdapat jawaban pembahasan yang lebih tepat, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT !!!

 
Back To Top