Jawaban SoalMu

Mengerjakan soal dengan mudah, dari sumber yang akurat dan terpercaya
Tidak Perlu Ribet-Ribet Baca atau Browsing sana-sini by Mr-ARU

Minggu, 27 Agustus 2017

Sebutkan ciri-ciri Teks Anekdot

Sebutkan ciri-ciri Teks Anekdot ? . . 

Pembahasan :
Ciri-Ciri Teks Anekdot. Teks anekdot berbentuk kisah yang pendek, dan ceritanya jauh lebih pendek dibandingkan teks cerpen. Karena sebagai bentuk pengisahan atau penceritaan cerita, teks anekdot memiliki banyak persamaan dengan cerpen, bisa di sampaikan secara monolog, bisa juga disampaikan secara dialog atau campuran keduanya. Teks anekdot penyajiannya bisa menggunakan cara penyajian cerpen, bisa juga menggunakan cara penyajian seperti drama atau teater.

Teks anekdot terdapat unsur-unsur pembentuk ceritanya. Seperti : tema, latar, tokoh, alur cerita, sudut pandang, amanat dan konfik.Teks anekdot diawali dengan ilustrasi keadaan tokohnya seperti yang terdapat pada cerpen dan novel. Ada kalanya orang memulai anekdotnya seperti pada kisah-kisah lama/zaman dahulu. Seperti menggunakan kata-kata klise (kuno) seperti : di suatu tempat, alkisah, pada zaman dahulu, syahdan di negeri antah berantah dan  sebagainya.

Teks anekdot mengawali ceritanya dengan pengenalan tokoh cerita, penulis membuat krisis yang berupa munculnya permasalahan. Penceritaanya menggunakan alur rapat menjadikan ilustrasi tidak diperlukan. Selanjutnya jika sudah  sampai klimaks situasinya, ceritanya segera disudahi dengan cara yang drastis atau tanpa penyelesaian. Sumber Pembahasan Buku LP2IP Bahasa Indonesia.

Mapel Bahasa Indonesia

Semoga membantu dalam mengerjakan soal. By Mr. Aru - Jawaban Soalmu menjawab soal dengan mudah, jawaban soal dari sumber yang akurat, terpercaya dan 100 % benar.

Untuk soal dan pembahasan yang kurang jelas atau terdapat jawaban pembahasan yang lebih tepat, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT !!!

 
Back To Top