Jawaban SoalMu

Mengerjakan soal dengan mudah, dari sumber yang akurat dan terpercaya
Tidak Perlu Ribet-Ribet Baca atau Browsing sana-sini by Mr-ARU

Sabtu, 02 Juni 2018

Sebutkan dan jelaskan Tujuan Periodisasi Sejarah !

Sebutkan dan jelaskan Tujuan Periodisasi Sejarah ! 

Pembahasan :
Adapun tujuan dari pembabakan waktu adalah sebagai berikut.
1. Melakukan penyederhanaan : Begitu banyaknya peristiwa-peristiwa sejarah yang beraneka ragam disusun menjadi sederhana, sehingga mendapatkan ikhtisar yang mudah dimengerti.

2. Memudahkan klasifikasi dalam ilmu sejarah : Klasifikasi dalam ilmu sejarah meletakkan dasar babakan waktu. Masa lalu yang tidak terbatas peristiwa dan waktunya dipastikan isi, bentuk, dan waktunya menjadi bagian-bagian babakan waktu.

3. Mengetahui peristiwa sejarah secara kronologis : Menguraikan peristiwa sejarah secara kronologis akan memudahkan pemecahan suatu masalah. 

4. Memudahkan pengertian : Gambaran peristiwa-peristiwa masa lampau yang sedemikian banyak itu dikelompok kelompokkan, disederhanakan, dan diikhtisarkan menjadi satu tatanan (orde), sehingga memudahkan pengertian. 

5. Untuk memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan : Semua peristiwa masa lampau itu setelah dikelompokkan antara motivasi dan pengaruh peristiwa itu kemudian disusun secara sistematis.


Semoga membantu dalam mengerjakan soal. By Mr. Aru - Jawaban Soalmu menjawab soal dengan mudah, jawaban soal dari sumber yang akurat, terpercaya dan 100 % benar.

Untuk soal dan pembahasan yang kurang jelas atau terdapat jawaban pembahasan yang lebih tepat, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT !!!

 
Back To Top