Jawaban SoalMu

Mengerjakan soal dengan mudah, dari sumber yang akurat dan terpercaya
Tidak Perlu Ribet-Ribet Baca atau Browsing sana-sini by Mr-ARU

Selasa, 22 Mei 2018

Sebutkan dan Jelaskan 5 faktor pendorong penjajahan samudra

Sebutkan dan Jelaskan 5 faktor pendorong penjajahan samudra !

Pembahasan :
Secara terperinciri faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra adalah sebagai berikut:

1. Adanya keinginan mencari kekayaan (gold)
    Kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan.

2. Adanya keingingan menyebarkan agama Nasrani (gospel)
    Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus. Misi khusus tersebut adalah menyebarkan agama Nasrani kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tugas mereka ini dianggap sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia yang dipelopori oleh bangsa Portugis.

3. Adanya keinginan mencari kejayaan (glory)
    Di Eropa ada suatu anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory). Dengan adanya anggapan ini, negara-negara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyaknya.

4. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
    Dengan perkembangan paham Renaissance, ilmu pengetahuan dan teknologi juga berkembang pesat, misalnya seperti berikut ini.
a) Ditemukannya Teori Heliosentris dari Copernicus yang mengatakan bahwa pusat peredaran tata surya adalah matahari. Planet-planet berputar mengelilingi matahari dan bumi berputar pada porosnya. Bentuk bumi tidak rata tetapi bulat. Hal ini mendorong orang untuk membuktikannya.
b) Dikembangkannya teknik pembuatan kapal yang dapat digunakan untuk mengarungi samudra luas.
c) Mulai ditemukannya mesiu untuk persenjataan. Senjata ini dapat digunakan untuk melindungi pelayaran dari ancaman bajak laut dan sebagainya.
d) Ditemukannya kompas. Alat ini digunakan sebagai penunjuk arah, sehingga para penjelajah tidak lagi bergantung pada kebiasaan alam. Untuk menentukan arah, biasanya mereka berpedoman pada bintang, sehingga jika angkasa tertutup awan mereka tidak dapat meneruskan pelayarannya. Dengan
kompas, mereka bebas berlayar ke arah manapun tanpa gangguan, baik siang maupun malam.

5. Jatuhnya Kota Konstantinopel ke tangan bangsa Turki
    Jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453 menyebabkan bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapatkan rempah-rempah. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah dengan melakukan penjelajahan-penjelajahan samudra.


Semoga membantu dalam mengerjakan soal. By Mr. Aru - Jawaban Soalmu menjawab soal dengan mudah, jawaban soal dari sumber yang akurat, terpercaya dan 100 % benar.

Untuk soal dan pembahasan yang kurang jelas atau terdapat jawaban pembahasan yang lebih tepat, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT !!!

 
Back To Top