Jawaban SoalMu

Mengerjakan soal dengan mudah, dari sumber yang akurat dan terpercaya
Tidak Perlu Ribet-Ribet Baca atau Browsing sana-sini by Mr-ARU

Friday, March 16, 2018

Kunci Jawaban Soal Ujian Nasional Administrasi Perkantoran Paket 1 tahun 2016/2017 (40 soal)

Kunci Jawaban Soal Ujian Nasional Administrasi Perkantoran Paket 1 tahun 2016/2017 (40 soal). Direkomendasikan untuk latihan Ujian Akhir Nasional SMK/SMA kelas 12. Kunci Jawaban Soal Ujian Nasional Administrasi Perkantoran Paket 1 tahun 2016/2017 ini terdiri atas 40 soal pilihan ganda. Berikut ini soal Ujian Nasional Administrasi Perkantoran beserta jawaban dan pembahasan. Untuk pilihan ganda yang berwarna merah itu merupakan jawaban yang benar.

Kunci Jawaban Soal Ujian Nasional Administrasi Perkantoran Paket 1 tahun 2016/2017 (40 soal)
Soal Ujian Nasional Administrasi Perkantoran Paket 1 tahun 2016/2017

Soal Ujian Nasional Administrasi Perkantoran Paket 1 tahun 2016/2017
1. Pengaruh atau reaksi yang muncul akibat diterimanya pesan disebut . . .
A. decoding
B. encoding
C. feedback
D. Transmits
E. message

2. Media komunikasi membantu proses komunikasi saat . . .
A. decoding
B. encoding
C. feedback
D. Transmits
E. Respons

3. Agar pesan mudah diterima maka kemampuan membaca dan mendengar harus dimiliki oleh . . .
A. komunikator
B. komunikan
C. pembuat berita
D. pembicara
E. penyampai berita

4. Di bawah ini bukan kelebihan dari meda komunikasi audio adalah . . .
A. Murah
B. Jangkuan luas
C. Dapat dipakai berulang
D. Dapat menyampaikan pesan secara langsung
E. Dapat mewujudkan ide abstrak ke bentuk konkret

5. Untuk melakukan komunikasi dengan rekan kerja yang berbeda ruangan akan lebih efisien jika menggunakan . . .
A. Telpon kabel
B. aiphone
C. megaphone
D. internet
E. handphone

6. Apa bila ada rekan bisnis yang ingin berbicara dengan pemimpin, sementara pimpinan sedang tidak ada ditempat maka langkah yang paling tepat untuk dilakukan adalah . . .
A. Menanyakan apakah ada pesan yang ada pesan yang dipaat ditinggalkan
B. Memberi alternatif untuk menelpon ke rumah pimpimnan
C. Memberi nomor pribadi dan memintanya untuk menghubungi nomor tersebut
D. Memberitahu jadwal pimpinan agar tidak salah waktu saat menelpon
E. Menggali informasi tentang maksud menelpon meskipun penelpon tidak menghendaki ada pesan yang ditinggalkan

7. Saat melakukan panggilan telepon, setelah telepon diangkat dan diterima oleh penerima telepon maka kalimat yang seharusnya Anda sampaikan adalah . . .
A. Hallo,  bisa bicara dengan Bapak . . .
B. Halo, selamat siang, bisa bicara dengan Bapak . . .
C. Hallo, selamat siang, ini dari PT Manyun Group, bisa bicara dengan Bapak . . .
D. selamat siang, bisa bicara dengan Bapak . . .
E. Selamat siang, ini dari PT Manyun Group, bisa bicara dengan Bapak . . .

8. Pelanggan yang menyampaikan keluhan kepada perusahaan adalah pelanggan yang . . .
A. Rewel
B. Sulit
C. Menjatuhkan citra perusahaan
D. Tidak simpatik
E. Peduli 

9. Imbalan, penghargaan, sistem kerja yang efisien adalah harapan dari . . .
A. pembeli produk
B. Konsumen ahir
C. Pelanggan Internal
D. pelanggan eksternal
E. pelanggan setia 

11. Mematuhi etiket yang berlaku di tempat kerja akan mengakibatkan . . .
A. Suasana kerja kaku
B. Memperjlas kedudukan karyawan dan pimpinan
C. Meningkatkan produktivitas kerja
D. Karyawan semakin menghormati pimpinan
E. Karyawan akan menjadi lebih disiplin dan takut melakukan pelanggaran

12. Jika ada anggota tim yang ragu terhadap kemampuan diri sendiri dalam menyelesaikan masalah, tindakan terbaik yang harus dilakukan adalah . . . 
A. melaporkan kepada ketua tim
B. mengeluarkan dari anggota tim
C. menggantinya dengan orang lain yang lebih kompeten
D. meminta anggota tersebut untuk mengundurkan diri 
E. membantu dan memberi motivasi

13. Jangan menyentuh barang tersebut, lapor kepada pihak yang berwenang, minta orang disekitar menjauh, merupakan langkah darurat . . .
A. Jika tersengat listrik
B. Jika ada kebocoran gas
C. Jika terjadi kecelakaan kerja
D. Jika menemui benda seperti bom
E. Jika mendapat ancaman bom lewat telpon

14. Untuk menyimpan dokumen sejenis sebaiknya disimpan dalam . . .
A. satu file
B. Satu folder
C. Dekstop
D. Recycle bin
E. My network places

15. Bila ingin membuat presentasi baru dengan mengambil design presentasi yang sudah ada, dipilih di . . .
A. Blank presentation
B. Design template
C. Custom animation
D. Exsisting presentation
E. Exsisting power point file

16. Untuk mengirimkan copy dokumen ke banyak tempat dengan cepat dan efisien menggunakan . . .
A. Telex
B. Email
C. Kurir
D. Pos
E. Faximile

17. Pemeliharaan terhadap peralatan kantor yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu disebut . . .
A. pemeriksaan sehari-hari
B. Pemeriksaan berkala
C. pemeriksaan rutin
D. pemeriksaan umum
E. pemeriksaan menyeluruh

18. Surat-surat yang dapat digunakan sebagai alat pembuktian secara hukum didepan pengadilan adalah dokumen yang mempunyai . . .
A. Nilai guna penerangan
B. Nilai guna perdagangan
C. Nilai guna yuridis
D. Nilai guna historis
E. Nilai guna Pribadi

19. Surat yang semua bagian-bagiannya dimulai dari sisi sebelah kiri adalah surat berbentuk  . . .
A. Block
B. Full blok
C. Official 
D. Indented
E. Hanging paragraf

20. The best salutation for formal letter when the inside address include person's name is . . .
A. To Mr
B. Dear Sir
C. Dear Sirs
D. To my dearest
E. Dearest my friend

21. Daerah Istimewa Yogyakarta, cara mengindeksnya adalah . . .
A. Daerah,  Istimewa, Yogyakarta
B. Istimewa, Yogyakarta, Daerah
C. Yogyakarta, Istimewa, Daerah
D. Yogyakarta, Daerah, Istimewa
E. Daerah, Yogyakarta,  Istimewa

22. Anda ditugaskan pimpinan untuk membuat balasan surat sebanyak 5 jenis surat. Setelah dicek, blangko draf kop surat yang tersedia hanya tinggal 1 lembar. Langkah yang Anda Ambil selanjutnya adalah . . .
A. Fotocopy draf kop surat
B. Scan draf kop surat
C. Buat draf kop surat yang baru
D. Riso draf kop surat
E. Cetak ke percetakan blangko draf kop surat yang baru

23. Proses penggandaan dokumen bilamana mesin penggandaan dihubungkan  dengan komputer, dan komputer dihubungkan dengan printer adalah menggunakan mesin . . .
A. Riso
B. Scanner
C. stensil
D. fotocopy
E. stensil listrik

24. Sarana untuk mengirimkan surat yang harus diterima dalam waktu yang sama adalah . . .
A. FAX
B. SMS
C. Surat
D. E-mail
E. Telegram

25. Surat yang berisi keterangan mengenai orang tertentu yang dibuat oleh seorang atasan atau pimpinan dengan tujuan agar orang yang diberi keterangan mendapat penilaian yang positif dari seseorang atau pihak tertentu, disebut . . .
A. surat referensi
B. Surat rekomendasi
C. Surat keterangan 
D. Surat informasi
E. surat edaran

26. Prosedur pengurusan surat keluar yang benar adalah . . .
A. buat konsep - agenda - ketikl - tanda tangan - sampul - kirim
B. buat konsep persetujuan konsep - agenda - ketik - tanda tangan - beri cap - lipat - sampul - kirim
C. Buat konsep - persetujuan konsep - agenda - ketik - tanda tangan - cap - sampul kirim
D. buat konsep - persetujuan konsep - ketik - agenda - tanda tangan - cap - sampul - kirim 
E. buat konsep dengan komputer - persetujuan - tanda tangan - cap - sampul kirim 

27. Jika suatu dokumen memiliki "judul/caption" lebih dari satu , maka cara penyimpanan dokumen tersebut dengan membuatkan lembaran . . .
A. Petunjuk silang
B. Disposisi
C. Kartu kendali
D. Pengantar
E. Beredar

28. Remover merupakan salah satu alat yang digunakan  dalam memproses dokumen. alat tersebut berfungsi untuk . . .
A. Melubangi kertas
B. Membuka hasil stapler
C. Memasukan dokumen ke dalam snelhecter
D. Mengatur dokumen dalam filing cabinet
E. Pemberian quide pada dokumen

29. Suatu kantor memiliki sistem penyimpanan menggunakan filing sistem nomor terminal digit. Guide-nya bernomor 10, maka dibelakangnya terdapat map bernomor . . .
A. 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
B. 9 8 7 6 5 4 3 2 1 0 
C. 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
D. 1 2 3 4 5 6 7 8 9
E. 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 

30. Memasang rambu-rambu atau tanda disekitar area fumigasi, merupakan langkah dari . . .
A. Persiapan fumigasi
B. Pelaksanaan fumigasi
C. Purna fumigasi
D. Evaluasi fumigasi
E. Laporan fumigasi

31. Untuk menhindari hilangnya dokumen sebagai akibat peminjaman, seorang petugas arsip menyediakan formulir khusus untuk mencatat dokumen yang dipnjam, formulir tersebut disebut . . .
A. On call card
B. Out slip 
C. Out folder
D. Tickler file
E. Slip out

32. Berikut ini adalah kegiatan dalam mengatur urusan perjalanan bisnis . . .
A. Mempersiapkan daftar perjalanan
B. Mempersiapkan dokumen perjalanan
C. Mempersiapkan keuangan perusahaan
D. Mempersiapkan pengangkutan, penginapan dan hotel
E. Mempersiapkan uang perjalanan, dan membuat laporannya

33. Tanda izin yang dicap pada lembaran-lembaran pasport untuk mengunjung suatu negara tertentu dalam waktu tertentu pula disebut . . .
A. Visa
B. Fiscal
C. Paspor biru
D. Paspor hijau
E. Paspor hitam

34. Surat yang perlu dibuat sebelum dilaksanakannya rapat adalah . . .
A. Surat pemberitahuan
B. Surat pengumuman
C. Surat undangan
D. Surat keterangan
E. Surat tugas

35. Untuk mencegah kelelahan mata saat bekerja dapat dilakukan dengan . . .
A. Menggunakan warna cat yang menyala
B. Memlilih warna tembok yang kontras
C. Menggunakan banyak hiasan dinding
D. Mengatur pencahayaan ruangan
E. Membuka jendela agar sirkulasi udara lancar

36. Situasi rapat dimana peserta tidak diberi kesempatan untuk bertanya atau menyampaikan pendapat. Hal ini merupakan akibat dari pemimpin rapat yang mempunyai tipe . . .
A. Otoriter
B. Open managemen
C. Demokratis
D. Komunikatif
E. Laizes faire

37. Memberi kesempatan seluas-luasnya untuk menyampaikan pendapat adalah tipe pemimpin yang . . .
A. otoriter
B. Pengarah
C. Demokratis
D. komunikatif
E. Laize faire

38. Selalu menyalahkan pendapat orang lain meskipun pendapat tersebut benar adalah ciri peserta rapat dengan tipe  . . .
A. Inisiatif
B. Perantara
C. Penyemangat
D. Penyerang
E. Pemberi informasi

39. Peserta yang tidak hadir pada suatu rapat dapat mengetahui materi yang dibahas dan hasil rapat melalui notula rapat. Notula dalam hal ini berfungsi sebagai . . .
A. Alat bukti
B. Alat pengingat
C. Sumber informasi
D. Alat untuk rapat semua
E. Pedoman rapat berikutnya

40. Pada tanggal 1 Mei 2009 pemegang kas kecil diberi dana tetap sebesar Rp 275.000,00 Selama bulan tersebut terjadi transaksi sebagai berikut !
- Benda pos Rp 85.000
- Peralatan Rp 115.000
- Jamuan Rp 27.500
- Transportasi Rp 18.200
Maka, penyediaan dana kas kecil untuk bulan juni 2009 adalah . . .
A. Rp 245.700
B. Rp 264.650
C. Rp 264.540
D. Rp 246.800
E. Rp 246.450

Soal Ujian Nasional Administrasi Perkantoran Paket 1 tahun 2016/2017

Itulah Kunci Jawaban Soal Ujian Nasional Administrasi Perkantoran Paket 1 tahun 2016/2017 (40 soal). Semoga membantu dalam menghadapi Ujian Nasional. By Mr. Aru - Jawaban Soalmu menjawab soal dengan mudah, di sertai pembahasan dan 100 % benar

Untuk soal dan pembahasan yang kurang jelas atau terdapat jawaban pembahasan yang lebih tepat, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT !!!

 
Back To Top