Jawaban Soalmu

Kumpulan Pembahasan Soal Pilihan Ganda dan Essay SD, SMP, dan SMK/SMA

Thursday, February 15, 2018

Sebutkan cara melatih Daya Tahan Fisik Seorang Pemain Bola !

Sebutkan cara melatih Daya Tahan Fisik Seorang Pemain Bola !

Pembahasan :
Sepak Bola merupakan salah satu permainan yang menguras tenaga. Perminan sepak bola yang berlangsung selama 2 x  45 menit tentu cukup menguras tenaga, apalagi waktu istirahat yang diberikan hanya 15 menit. 

Berikut beberapa macam latihan Daya Tahan Fisik untuk Pemain Bola :
1. Pemanasan secara dinamis sebelum pelatihan
Pemanasan salah satu upaya untuk meningkatkan kekuatan seorang pemain bola bahkan cara yang tepat untuk menghindari terjadinya cidera. Selama melakukan pemanasan, perhatikan kecepatan dan gerakan dengan pemain lain. Beberapa bentuk pemanasan yang baik adalah skipping, twisting, quick starts, cutting, dan sebagainya. Manfaat pemanasan akan melancarkan peredaran darah dan meningkatkan suhu tubuh. Latihan-latihan ini akan memberi kamu daya tahan yang lebih baik.

2. Jogging santai untuk daya tahan aerobik
Setelah pemanasan dinamis, lakukan jogging santai dalam waktu 5-10 menit  untuk menunjang latihan. Lanjutkan dengan lari interval dalam set pendek maupun intens dengan berlari atau jogging sehingga otot tidak akan mengalami banyak stres.

3. Latihan kecepatan dan berlari dalam latihan yang berbeda
Lakukan sebanyak yang anda bisa. Gunakan relay dan balapan dengan pemain lain untuk membuat anda dan pemain lain terpacu dan lebih kompetitif. Anda bisa menggunakan bola dalam melaksanakan latihan ini. 

4. Pertimbangkan Waktu Istirahat
Selama melakukan latihan daya tahan jangan lupa untuk mempertimbangkan waktu istirahat. Sebaiknya jangan terlalu over, istirahatlah 15 menit untuk mereganggan otot dan memulihkan energi.

5. Lakukan urutan latihan yang tepat
Urutkan latihan dengan baik, yaitu di mulai dari pemanasan dinamis, di lanjutkan dengan latihan koordinasi dan kelincahan.

6. Atur waktu minum yang tepat
Ternyata cara minum dan waktu minum mempengaruhi daya tahan fisik. Biasakan minum dengan ukuran yang pas sebelum pertandingan. Jarak interval minum yang baik antara 15 sampai 20 menit selama pelatihan. Dengan menjaga diri terhidrasi akan mengurangi kram serta menjaga tubuh tetap fit di hari berikutnya. 

7. Terapkan program Latihan Selama 6-8 Minggu
Latihan dalam waktu 6-8 minggu akan membangun kemampuan aerobik. Namun sebaiknya tetap berkonsultasi dengan pelatih anda atau dokter.

8. Jaga Asupan Nutrisi Yang Sehat
Selama melakukan latihan yang intensive, penuhi juga kebutuhan nutrisi. Karbohidrat, Protein, kalsium dan makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah wajib anda konsumsi untuk menjaga tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh tetap kuat. Sumber Pembahasan Buku Paket Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan.

Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan

Semoga membantu dalam mengerjakan soal. By Mr. Aru - Jawaban Soalmu menjawab soal dengan mudah, jawaban soal dari sumber yang akurat, terpercaya dan 100 % benar.

Untuk soal dan pembahasan yang kurang jelas, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT !!!

 
Back To Top